7 Aplikasi Al-Qur’an Terbaik di Android

Dipublikasikan oleh Muhammad Akram pada

Saat ini banyak sekali pilihan aplikasi Al-Qur’an yang tersedia di Play Store.  Sehingga kita bebas memilih aplikasi Al-Qur’an mana yang cocok dengan keinginan kita. Tapi karena banyak pilihan itu kita jadi bingung menetukan pilihan.

Tidak perlu galau karena semuanya memang bagus-bagus, yang terpenting kita aktif menggunakannya untuk membaca dan mempelajari Al-Qur’an.

Beriku ini 7 pilihan aplikasi Al-Qur’an terbaik yang bisa kamu instal di androidmu:

  1. Al-Qur’an Indonesia

Aplikasi ini menjadi pilihan pertama karena buatan anak negeri sendiri, dibuat oleh Andi Unpam asal Tangerang.

2. Muslim Pro Muslim

Kelebihannya, terjemahnya langsung dalam bahasa Indonesia, ada juga terjemahan kata perkatanya, dilengkapi dengan audio controller, bisa langsung mebagikan ayat-ayatnya ke media sosial, memiliki fitur tambahan lain seperti pengingat salat dan arah kiblat.

Aplikasi ini dibuat oleh pengembang asal Singapura, yang telah digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia.

Kelebihannya, tidah hanya berisi Al-Qu’ran dan terjemahannya saja, aplikasi ini pun turut menyediakan fitur seperti pengingat salat, notifikasi adzan, kompas untuk menentukan arah kiblat , peta masjid, restoran halal, dan kalender Hijriah.

3. Al-Qur’an Kemenag

Aplikasi Al-Quran ini dibuat oleh Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kelebihannya, tentu saja ini resmi dari Kemenag, dilengkapi dengan teks terjemahan dan tafsirnya, ada asbabun nuzul turunnya surat-surat Al-Quran juga dilengkapi audio murattal Al-Qur’an.

4. Qur’an Pro

Aplikasi ini dikembangkan oleh Quanticapps Ltd, London.

Kelebihan aplikasi ini, dilengkapi dengan audio dari Qori-qori terbaik, seperti Abdul Rahman Al-Sudais, Sheikh Mishary Rashid Alafas, dan Cheikh Saad al Ghamedi, diterjemahkan dalam beragam bahasa, termasuk bahasa Indonesia, dan surat-suratnya bisa diunduh dan dibaca secara offline.

5. Al-Qur’an (Tafsir & Per Kata)

Kelebihan aplikasi ini dilengkapi dengan terjemah bahasa Indoneia, terjemah kata per kata, ada tafsirnya, tajwid berwarna, bisa memilih tema, bisa menulis catatan pada setiap ayatnya juga dilengkapi audio dari 30 Qori.

6. Quran for Android

Dikembangkan oleh quran.com

Kelebihan Aplikasi ini, tampilannya sederhana sehingga mudah digunakan, ayat-ayatnya bisa ditandai dan dibagikan, memiliki terjemahan hingga 20 bahasa, dilengkapi 15 suara qori, dan fitur-fitur lainnya.

7. Al’Quran Bahasa Indonesia

Dikembangkan oleh Second Varineta

Kelebihan aplikasi ini, dilengkapi dengan tajwid yang berwarna, ayat-ayatnya bisa dicopy, dilengkapi audio dan bisa didownload, bisa ditandai dan dishare ke media sosial.

Silahkan pilih dari 7 aplikasi Al-Qur’an di atas yang kamu suka,  jika pun tidak ada yang disukai,  kamu bisa cari alternatif lain yang banyak tersedia di Play Store.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan