Ribuan orang telah terinfeksi virus corona dan ratusan diantaranya meninggal dunia. WHO pun telah menetapkan status darurat atas penyebaran virus ini. Dan hingga saat ini, belum ada vaksin atau obat yang dapat menyembuhkan infeksi virus Corona.

Oleh karena itu tetaplah waspada dan berhati-hati akan tetapi tetap tenang dan jangan hawatir berlebihan. Berikut ini 7 cara efektif mencegah terinfeksi virus corona yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Jangan Pergi ke Negara Terjangkit

Agar tidak tertular virus corona, jangan bepergian ke negara terjangkit, utamanya Tiongkok dan negara-negara yang sudah memiliki kasus infeksi virus Corona, seperti Jepang, Korea Selatan, Hongkong, Taiwan, India, Amerika Serikat, dan Eropa.

2. Jangan Mengonsumsi Hewan yang Diduga Menularkan Virus Corona

Jangan mengonsumsi daging dari hewan yang diduga menularkan virus corona, seperti kelelawar, unta, dan kucing. Jika ingin mengonsumsi daging atau ikan, pastikan daging atau ikan tersebut sudah dicuci bersih dan dimasak hingga benar-benar matang juga dipastikan kehalalannya.

Baca juga: 7 Virus Paling Mematikan di Dunia

3. Makan Makanan Bergizi

Makan makanan sehat dan bergizi, seperti sayuran dan buah-buahan, dan makanan berprotein, seperti telur, ikan, dan daging tanpa lemak diyakini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dari serangan virus-virus berbahaya seperti virus corona.

4. Pola Hidup Sehat

Rutin berolahraga, tidur yang cukup, tidak merokok, dan tidak mengonsumsi minuman beralkohol, sehingga tubuh menjadi sehat dan kebal terhadap berbagai macam penyakit termasuk serangan virus corona.

Baca juga: Krisis Coronavirus: Refleksi tentang Islam dan Kebersihan

5. Mencuci Tangan

Cucilah tangan dengan teratur, menggunakan air mengalir dan sabun, baik sebelum dan sesudah beraktifitas, seperti, sebelum dan setelah makan, setelah menggunakan toilet, setelah membuang sampah, setelah menyentuh hewan serta setelah batuk atau bersin dan aktifitas-aktifitas lainnya.

6. Menggunakan Masker

Gunakan masker terutama ketika beraktifitas di luar ruangan atau ditempat keramaian. Tidak sepenuhnya efektif akan tetapi hal ini bisa mengurangi penularan virus.

Baca juga: Langkah-langkah perlindungan dasar terhadap coronavirus baru

7. Berdoa Sebelum dan Sesudah Beraktifitas

Berdoalah sebelum dan sesudah beraktifitas. Terkadang hal ini disepelekan atau bahkan dilupakan, padahal berdoa merupakan hal yang penting untuk dilakukan agar kita terlindung dari berbagai macam keburukan dan penyakit.

Betapa mudah dan rentannya manusia terserang penyakit padahal segalam macam obat telah manusia buat. Semoga kita bisa mengambil hikmah dan pelajaran agar selalu ingat dan mendekatkan diri kepada Tuhan.

Baca juga: Cara Rasulullah Menghadapi Wabah Penyakit


0 Komentar

Tinggalkan Balasan