Tata Cara Sholat Jumat Dan Penjelasannya

Dipublikasikan oleh Muhammad Akram pada

tata-cara-ibadah-haji-dan-umrah

Sholat Jumat adalah sholat yang wajib dilaksanakan oleh setiap laki-laki muslim dewasa secara berjama’ah setiap hari Jumat yang menggantikan salat zuhur. Berikut ini penjelasan singkat mengenai sholat jumat:

Perintah Sholat Jumat

Allahswt berfirman dalam  Al-Quran surat Al-Jumuah ayat 9:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نُودِىَ لِلصَّلَوٰةِ مِن يَوْمِ ٱلْجُمُعَةِ فَٱسْعَوْا۟ إِلَىٰ ذِكْرِ ٱللَّهِ وَذَرُوا۟ ٱلْبَيْعَ ۚ ذَٰلِكُمْ خَيْرٌ لَّكُمْ إِن كُنتُمْ تَعْلَمُونَ

Yā ayyuhallażīna āmanū iżā nụdiya liṣ-ṣalāti miy yaumil-jumu’ati fas’au ilā żikrillāhi wa żarul baī’, żālikum khairul lakum ing kuntum ta’lamụn

“Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu diseru untuk menunaikan sholat Jumat, maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli, yang demikian itu lebih baik bagimu jika kamu mengetahui”.

الْجُمُعَةُ حَقٌّ وَاجِبٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ فِي جَمَاعَةٍ إِلأ أَرْبَعَةً: عَبْدٌ مَمْلُوْكٌ، أَوِ امْرَأَةٌ، أَوْ صَبِيٌّ، أَوْ مَرِيْضٌ

Rasulullahsaw bersabda: “Salat Jumat itu wajib bagi setiap muslim dengan berjemaah kecuali empat orang (tidak wajib): budak, wanita, anak-anak atau orang yang sakit”. (HR. Abu Dawud, Daruquthni, Baihaqi dan Hakim).

Rasulullahsaw juga bersabda: “Sungguh aku berniat menyuruh seseorang (menjadi imam) salat bersama-sama yang lain, kemudian aku akan membakar rumah orang-orang yang meninggalkan salat Jum’at.” (HR. Muslim)”

Baca juga: Cara Sholat Hajat Lengkap Dengan Doanya

Larangan Meninggalkan Sholat Jumat

Bagi mereka yang telah memenuhi syarat untuk mengerjakan sholat jumat, maka tidak boleh meninggalkannya, sebagaimana Rasulullahsaw memperingatkannya dengan sangat keras.

 لَيَنْتَهِيَنَّ أَقْوَامٌ عَنْ وَدْعِهِمُ الْجُمُعَاتِ، أَوْ لَيَخْتِمَنَّ اللهُ عَلَى قُلُوبِهِمْ، ثُمَّ لَيَكُونُنَّ مِنَ الْغَافِلِينَ

Dari Ibnu Umar dan Abu Hurairah, bahwa Rasulullahsaw bersabda: “Hendaknya orang yang suka meninggalkan sholat Jumat itu menghentikan kebiasaan buruknya, atau Allah akan mengunci mati hatinya, kemudian dia menjadi orang ghafilin (orang lalai).” (HR. Muslim).

Abul Ja’d ad-Dhamri meriwayatkan, Rasulullahsaw bersabda:

مَنْ تَرَكَ ثَلَاثَ جُمَعٍ تَهَاوُنًا بِهَا طَبَعَ اللَّهُ عَلَى قَلْبِهِ

”Siapa yang meninggalkan 3 kali jumatan karena meremehkan, maka Allah akan mengunci hatinya.” (HR. Ahmad 15498, Nasai 1369, Abu Daud 1052).

Usamahra meriwayatkan bahwa Rasulullahsaw bersabda:

 مَنْ سَمِعَ الْأَذَانَ ثَلَاثَ جُمُعَاتٍ ثُمَّ لَمْ يَحْضُرْ كُتِبَ مِنَ الْمُنَافِقِينَ

Siapa yang mendengar adzan jumatan 3 kali, kemudian dia tidak menghadirinya maka dicatat sebagai orang munafik. (HR. Thabrani dalam Mu’jam al-Kabir, dan dihasankan al-Albani dalam Shahih Targhib, no. 728).

Syarat-syarat Diwajibkannya Sholat Jumat

Syarat bagi orang yang diwajibkan untuk sholat Jumat adalah sebagai berikut:

  1. Beragama Islam
  2. Merdeka, bukan budak
  3. Baligh atau sudah dewasa
  4. Berakal
  5. Laki-laki,
  6. Sehat, tidak dalam keadaan sakit
  7. Orang yang menetap bukan musafir

Baca juga: Cara Sholat Istikharah, Manfaat Dan Hikmahnya

Orang-orang Yang Tidak Wajib Sholat Jumat

  1. Budak (hamba sahaya)
  2. Musafir
  3. Wanita
  4. Anak-anak
  5. Orang sakit
  6. Orang gila
  7. Musafir atau orang dalam perjalanan

Hal-hal yang Disunahkan

Rasulullahsaw telah mencontohkan dan mengajarkan supaya kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya ketika akan melaksanakan sholat jumat, diantaranya beliausaw bersabda:

“Mandi, mencabut bulu-bulu tak perlu, memakai siwak, mengusapkan parfum sebisanya pada hari Jumat dianjurkan pada setiap laki-laki yang telah baligh.” (HR. Bukhari, Muslim)

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jum’at seperti mandi jinabat, kemudian dia pergi ke masjid pada saat pertama, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor unta dan siapa yang berangkat pada saat kedua, maka seakan-akan ia berkurban dengan seekor sapi, dan siapa yang pergi pada saat ketiga, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor domba yang mempunyai tanduk, dan siapa yang berangkat pada saat keempat, maka seakan-akan dia berkurban dengan seekor ayam, dan siapa yang berangkat pada saat kelima, maka seolah-olah dia berkurban dengan sebutir telur, dan apabila imam telah datang, maka malaikat ikut hadir mendengarkan khutbah.” (Muttafaq ‘alaih)

“Tidaklah seseorang mandi pada hari Jum’at dan bersuci sebisa mungkin, kemudian dia memakai wangi-wangian atau memakai minyak wangi, lalu pergi ke masjid dan (di sana) tidak memisahkan antara dua orang (yang duduk berjajar), kemudian dia salat yang disunnahkan baginya, dan dia diam apabila imam telah berkhutbah, terkecuali akan diampuni dosa-dosanya antara Jum’at (itu) dan Jum’at berikutnya selama dia tidak berbuat dosa besar.” (HR. Al-Bukhari)

Dari hadits-hadits diatas didapati beberapa sunah yang diajarkan oleh Rasulullahsaw, yaitu sebagai beriktu:

  1. Memangkas Kumis atau Merapikan Rambut
  2. Memotong Kuku
  3. Mandi Besar dengan Keramas
  4. Bersiwak atau Sikat Gigi
  5. Menggunakan Minyak Wangi
  6. Datang Lebih Awal ke Masjid
  7. Memperbanyak solat sunnah,
  8. Memperbanyak berdoa (meminta)
  9. Mendengar khotbah, dengan penuh perhatian dan diam.
  10. Salat sunnah setelah salat Jumat,
  11. Memperbanyak amal baik seperti sedekah.

Baca juga: Tata Cara Mengerjakan Sholat Witir Dan Penjelasannya

Tata Cara Sholat Jumat

Tidak ada batas minimal tentang jumlah jamaah sholat jumat yang disebutkan dalam Al-Quran.

Mengenai hal ini para ulama berbeda pendapat, ada yang menyebutkan bahwa sholat jumat bisa dilaksanakan oleh 3 atau 4 orang jamaah, hal ini berdasarkan hadist berikut:

“Jumah itu wajib bagi tiap-tiap desa yang ada padanya seorang imam, walaupun penduduknya hanya ada 4 orang”. (HR. Thabrani).

Berikut ini tata cara melaksanakan sholat jumat dimulai dari takbiratul ihram hingga salam:

  1. Takbiratul ihram
  2. Membaca doa iftitah
  3. Membaca surah al-Fatihah.
  4. Membaca surah pendek
  5. Ruku
  6. Itidal
  7. Sujud
  8. Duduk di antara dua sujud
  9. Sujud kedua
  10. Berdiri lagi menunaikan rakaat yang kedua.
  11. Membaca surah al-Fatihah.
  12. Membaca surah pendek
  13. Ruku
  14. Itidal
  15. Sujud
  16. Duduk di antara dua sujud
  17. Sujud kedua
  18. Tasyahud akhir
  19. Salam

Hikmah Melaksanakan Sholat Jumat

Sholat jumat merupakan sholat yang wajib diamalakna yang didalamnya penuh dengan keberkatan-keberkatan. Mendapat ganjaran yang berlipat dan menghapuskan dosa-doas, sebagaimana Rasulullahsaw bersabda:

“Barangsiapa yang mandi pada hari Jumat lalu ia bergegas pergi (ke masjid), mendengar dan memperhatikan khutbah, maka setiap langkah kakinya terhitung seperti puasa dan sholat setahun.” (HR. Tirmidzi; shahih).

“Sholat lima waktu dan sholat Jumat yang satu ke Jumat yang berikutnya dapat menghapuskan dosa di antara keduanya selama tidak dilakukan dosa besar.” (HR. Muslim).

“Barangsiapa mandi pada hari Jumat sebagaimana mandi jinabat, lalu berangkat menuju masjid, maka dia seolah berqurban dengan seekor unta”. (HR. Bukhari dan Muslim).

Demikianlah bebebrapa hal penting mengenai sholat jumat yang penting untuk diketahui.

Kategori: Ibadah

0 Komentar

Tinggalkan Balasan