Cara Sholat Hajat Lengkap Dengan Doanya

Dipublikasikan oleh Muhammad Akram pada

sholat-hajat-bewaramulia

Sholat hajat adalah sholat yang dikerjakan saat seseorang hendak mengerjakan atau menginginkan sesuatau. Tentu saja hajat atau keinginan itu sesuatu yang baik dan benar, bukan suatu hajat yang melanggar syariat agama.

Diajarkan Rasulullah

Rasulullah shallallahu ‘allaihi wasallam senantiasa meminta dan memohon pertolongan kepada Allahswt. Rasulullahsaw bersabda:

لِيَسْاَلْ أَحَدُكُمْ رَبَّهُ حَجَتَهُ حَتَّى يَسْاَلَهُ الْمِلْحَ وَحَتَّى يَسْاَلَهُ شِسْعَ نَعْلِهِ إِذَاانْقَطَعَ

“Hendaklah salah seorang dari kalian senantiasa meminta kebutuhannya kepada Allah, sampai pun ketika meminta garam, sampai pun meminta tali sendalnya ketika putus.” (HR. Tirmdzi)

Kemudian jika keinginan atau rencana yang akan kita kerjakan itu sesuatu yang penting, Rasulullahsaw menngajarkan kepada kita agar melaksanakan sholat hajat. Rasulullahsaw sendiri mengamalkan sholat hajat, agar apa yang beliau inginkan mendapat pertolongan dari Allah Ta’ala.

Rasulullahsaw bersabda: “Barangsiapa yang memunyai kebutuhan (hajat) kepada Allah atau salah seorang manusia dari anak-cucu adam, maka wudhulah dengan sebaik-baik wudhu. Kemudian salat dua rakaat (salat Hajat), lalu memuji kepada Allah, mengucapkan salawat kepada Nabi. Setelah itu, mengucapkan “Laa illah illallohul haliimul kariimu, subhaana…. (HR Tirmidzi dan Ibnu Majah)

Rasulullahsaw bersabda: “Siapa yang berwudhu dan sempurna wudhunya, kemudian sholat dua rakaat (shalat hajat) dan sempurna rakaatnya, maka Allah berikan apa yang ia pinta cepat atau lambat.” (HR.Ahmad)

Terdapat satu riwayat yang menyebutkan bahwa, ada seorang yang buta matanya menemui Nabisaw, lalu ia mengatakan, “Sesungguhnya saya mendapatkan musibah pada mata saya, maka berdoalah kepada Allah (untuk) kesembuhanku.” Maka Nabisaw bersabda, “Pergilah, lalu berwudhu, kemudian salatlah dua rakaat (salat hajat). Setelah itu, berdoalah….” Dalam waktu yang singkat, laki-laki itu terlihat kembali seperti ia tidak pernah buta matanya.” Kemudian Rasulullahsaw bersabda, “Jika kamu memiliki kebutuhan (hajat), maka lakukanlah seperti itu (salat hajat).” (HR Tirmidzi)

Baca juga: Cara Sholat Tahajud Dan Manfaatnya

Jumlah Rakaat Dan Waktu Sholat Hajat

Sholat hajat bisa dikerjakan antara 2 hingga 12 raka’at. Dikerjakan dengan cara dua rakaat satu kali salam.

Waktu yang afdol untuk mengerjakan sholat hajat adalah malam hari setelah sholat Isya hingga akhir waktu malam dimana saat malam suasana sepi dan tenang, namun hal itu bukan merupakan satu keharusan.

Sholat ini bisa dikerjakan kapan saja, asalkan bukan diwaktu-waktu yang dilarang untuk mengerjakan sholat, seperti setelah sholat subuh hingga matahari terbit dan setelah waktu ashar hingga matahari terbenam.

Cara Mengerjakan Sholat Hajat

Berikut ini cara mengerjakan sholat hajat, dimulai dari berwudhu dan menetapkan hati atau menetapkan niat dalam hati selanjutnya mulai melaksanakan sholat, sebagai berikut:

  1. Takbirotul ihram
  2. Doa iftitah
  3. Membaca surat Al-Fatihah
  4. Membaca ayat Al Quran (Ayat Kursi, bisa ayat lain)
  5. Ruku
  6. I’tidal
  7. Sujud
  8. Duduk diantara dua sujud
  9. Sujud kedua
  10. Berdiri untuk raka’at kedua
  11. Membaca surat Al-Fatihah
  12. Membaca ayat Al-Quran (Surat Al-Ikhlas, bisa ayat lain)
  13. Ruku
  14. I’tidal
  15. Sujud
  16. Duduk diantara dua sujud
  17. Sujud kedua
  18. Duduk tasyahud akhir
  19. salam

Baca juga: Tata Cara Mengerjakan Sholat Witir Dan Penjelasannya

Doa Sholat Hajat

Setelah melaksanakan sholat hajat dua rakaat,  dianjurkan untuk membaca doa-doa berikut:  

  1. Membaca الْحَمْدُ للهِ Alhamdulillah sebanyak-banyaknya
  2. Membaca وَاللهُ أَكْبَرُ Allahu Akbar sebanyak-banyaknya
  3. Membaca Sholawat

اللَّهُمَّ صَلِّ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ سَيِّدِنَا مُحَمَّد

Allahumma sholli ‘alaa sayyidina Muhammad wa ‘alaa ali sayyidina Muhammad

“Yaa Allah, beri karunia kesejahteraan atas junjungan kami Nabi Muhammad, kesejahteraan yang diridhoi dan ridhoilah dari pada sahabat sahabat sekalian”

Doa Sholat Hajat.

Setelah itu kemudian membaca doa sholat hajat, sebagai berikut:

لَا اِلَهَ اِلَّا اللهُ الْحَلِيْمُ الْكَرِيْمُ- سُبْحَانَ اللهِ رَبِّ الْعَرْشِ الْعَظِيْمِ- الْحَمْدُ لِلهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ – اَسْئَالُكَ مُوْجِبَاتِ رَحْمَتِكَ وَ عَزَائِمِ مَغْفِرَتِكَ وَ الْغَنِيْمَةَ مِنْ كُلِّ بَرٍّ وَ السَّلاَمَةَ مِنْ كُلِّ اِثْمٍ – لَا تَدَعْ لِى ذَنْبًا اِلَّا غَفَرْتَهُ وَ لَا هَمًّا اِلَّا فَرَّجْتَهُ وَ لَا حَاجَةً هِىَ لَكَ رَضًا اِلَّا قَضَيْتَهَا يَا اَرْحَمَ الرَّاحِمِيْنَ

LAA ILAHA ILLALLOHUL HALIIMUL KARIIMU SUBHAANALLOHI ROBBIL ‘ARSYIL ‘AZHIIM. ALHAMDU LILLAAHI ROBBIL ‘AALAMIIN. AS `ALUKA MUUJIBAARI ROHMATIKA WA ‘AZAAIMA MAGHFIROTIKA WAL GHONIIMATA MING KULLI BIRRI WASSALAAMATA MING KULLI ITSMIN LAA TADA’ LII DZAMBAN ILLA GHOFARTAHU WALAA HAMMAN ILLAA FAROJTAHU WALAA HAAJATAN HIYA LAKA RIDHON ILLA QODHOITAHAA YAA ARHAMAR ROOHIMIIN

 “Tiada Tuhan selain Allah, Maha penyantun dan Maha mulia. Maha suci Allah pemilik ‘arsy yang agung. Segala puji bagi Allah Rabb semesta alam. Ya Allah aku mengharapkan sarana rahmat dari Engkau, dan meminta sarana pengampunan Engkau. Aku memohon bagian yang besar dari setiap kebaikan dan keselamatan dari setiap dosa. Jangan Engkau tinggalkan sesuatupun dari dosaku kecuali Engkau ampuni semuanya. Dan tidak ada kesedihan kecuali Engkau menjauhkannya. Dan penuhilah setiap kebutuhanku yang Engkau suka, Wahai Engkau yang paling pengasih dari yang pengasih. (Tirmidzi kitab shalat bab shalat hajat jilid 1 hal. 63).

Demikianlah penjelasan singkat mengenai sholat hajat, semoga bermanfaat utamanya untuk saya sendiri.

Baca juga: Cara Sholat Istikharah, Manfaat Dan Hikmahnya


0 Komentar

Tinggalkan Balasan