Belajar Sejarah dari 7 Bangunan Masjid di Spanyol

Dipublikasikan oleh Muhammad Akram pada

masjid-spanyol

Spanyol adalah negara yang indah dengan budaya yang kaya dan sejarah yang sangat menarik. Berabad-abad lamanya Spanyol pernah dikuasai oleh umat Islam dan telah meninggalkan bagi kita beberapa masjid yang sangat indah.

Meskipun banyak dari masjid-masjid itu dihancurkan dan diubah menjadi gereja, beberapa di antaranya berhasil selamat dari upaya Spanyol untuk menghapus jejak pemerintahan Muslim di Spanyol dari halaman-halaman sejarah.

Berikut ini 7 bangunan masjid yang ada di Spanyol yang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Masjid Agung Cordoba

Masjid Cordoba merupakan salah satu bukti kejayaan Islam Spanyol di masa dahulu. Setelah runtuhnya kekuasaan Islam masjid itu kemudian diubah menjadi katedral hingga saat ini. Ciri-ciri sebagai masjid masih terlihat dari adanya mihrab dan menara tempat menyerukan adzan, yang kini digunakan untuk meletakan lonceng.

Terletak di Calle Cardenal Herrero, 1, 14003 Córdoba, Spanyol, Bangunan bersejarah itu merupakan situs warisan dunia UNESCO dan banyak dikunjungi wisatawan.

Baca juga: 7 Tokoh Muslim Pelopor Penerjemah Al-Qur’an Bahasa Inggris

2. Masjid Cristo de la Luz

Masjid Cristo de la Luz  terletak di Calle Cristo de La Luz 22, 45003 Toledo, Spanyol. Meskipun sudah tidak difungsikan lagi sebagai masjid, bangunan ini tetap dalam kondisi yang utuh seperti awalnya ketika dibangun.

Kini bangunan itu merupakan situs peninggalan sejarah dan dijadikan objek wisata yang penting di Toledo.

Baca juga: 7 Terjemah Al-Qur’an Best Sellers di Amazon

3. Masjid Almonaster

Masjid Almonaster atau Al Munastyr terletak di Provinsi Huelvam, Spanyol. Dibangun abad 10 Masehi pada masa Abdul Rahman III yang memimpin Cordoba pada saat itu. Masjid ini didirikan di atas reruntuhan sebuah kuil romawi dan gereja di era Visigoth abad ke 5 Masehi.

Nama masjid Almonaster kemudian menjadi nama kota Almonaster la Real. Setelah penaklukan Kristen, masjid ini berubah fungsi menjadi gereja. Meski begitu, bangunan aslinya masih terlihat jelas. Nama masjid pun diubah menjadi gereja Santa Maria sesuai dengan nama gereja Visigoth sebelum masjid dibangun.

Baca juga: 7 Orang Terkaya di Dunia yang Paling Dermawan

4. Masjid Abu Bakr

Masjid Abu Bakr atau Mezquita Central de Madrid terletak di Calle Anastasio Herrero, 5, 28020, lingkungan Cuatro Caminos di distrik Tetuán, Madrid, Spanyol. Dirancang oleh arsitek Juan Mora dan diresmikan pada tahun 1988, merupakan masjid pertama di ibu kota sejak akhir pendudukan Islam pada 1085 .

Gedung setinggi empat lantai ini sebenarnya merupakan Pusat Budaya Islam Madrid plus masjid yang dilengkapi dengan kantor, sekolah, perpustakaan, auditorium dan toko.

Baca juga: 7 Agama Terbesar di Dunia

5. Masjid Bashrat

Masjid Bashrat atau Mezquita Basharat yang artinya “kabar baik” terletak di 14630 Pedro Abad, Córdoba, Spanyol, merupakan salah satu masjid terkenal di Spanyol yang didirikan oleh Jamaah Islam Ahmadiyah.

Masjid ini memiliki sejarah penting bagi Spanyol yang dibangun sejak akhir pemerintahan Muslim pada akhir abad ke-15.

Masjid Basharat mulai dibangun pada masa Khalifat-ul Masih ke-3, Mirza Nasir Ahmad pada tanggal 9 Oktober 1980. Kemudian diresmikan penggunaanya pada tanggal 10 September 1982 oleh Khalifatul masih ke-4, Mirza Tahir Ahmad.

Baca juga: Surat Rasulullah kepada Heraclius

6. Masjid las Tornerías

Ini adalah bekas masjid yang terletak di Plaza Solarejo 7, 45001 Toledo dan salah satu masjid tua di Spanyol. Sekitar pertengahan abad ke-11 masjid ini dibangun di atas fondasi arsitektur Romawi, yang terletak di lingkungan lama Muslim Arrabal de Francos.

Masjid ini dibangun di dinding tangki air Romawi. Sangat disayangkan bahwa permata tersembunyi ini belum dibuka untuk umum atau dipulihkan, meskipun merupakan satu dari dua Masjid yang masih hidup di Kota Tiga Budaya.

Baca juga: Surat Rasulullah kepada Raja-raja

7. Masjid King Abdul Aziz

Masjid ini terletak di Las Lomas de Marbella | Urb. Marbella Montana, 29602, Marbella, Provinsi Malaga. Dibangun pada tahun 1981, oleh arsitek Córdoban Juan Mora. Konstruksi diperintahkan oleh Pangeran Salman untuk menghormati Raja Fahd, yang sering mengunjungi Marbella.

Termasuk juga Masjid Fuengirola dan Masjid Malaga, Masjid Marbella dibiayai dengan uang dari Arab Saudi, karena itu menjadi bagian dari mazhab pemikiran Salafi, sebuah gerakan yang dominan di Arab Saudi.

Itulah 7 bangunan masjid yang ada di Spanyol, baik yang masih berfungsi maupun yang tidak berfungsi masjid lagi, bukti keberadaan Islam di Spanyol dari dulu hingga saat ini.

Baca juga: Cara Rasulullah Menghadapi Wabah Penyakit

Masjid Cordoba by Official NET News




0 Komentar

Tinggalkan Balasan