7 Perang Terdahsyat Sepanjang Masa

Dipublikasikan oleh Muhammad Akram pada

perang-terdahsyat

Perang selalu mengakibatkan banya kerugian baik korban harta maupun korban jiwa yang tidak sedikit, baik pihak yang menang ataupun yang kalah, akan tetapi sepanjang kehidupan manusia, selalu saja terjadi peperangan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut 7 Perang terdahsya sepanjang masa dilihat dari banyaknya jumlah korban jiwa, kerugian materil, lamanya peperangan dan dampak buruk setelah perang usai:

1. Perang Dunia II

Invasi Normandia oleh Sekutu, 6 Juni 1944 (foto: Wikipedia.com)

Perang Dunia II merupakan peperangan terdahsyat dan paling mematikan sepanjang sejarah umat manusia. Berlangsung dari tahun 1939 hingga 1945, antara pihak Sekutu melawan pihak Poros dengan melibatkan 100 juta orang tentara. Perkiraan terendah, perang ini memakan korban jiwa sebanyak 40 juta jiwa, mengakibatkan kerugian yang materiil yang sangat besar dan berdampak buruk bagi ekonomi, sosial, politik kesehatan dan lingkungan hidup yang berkepanjangan.

Baca juga: 7 Agama Terbesar di Dunia

2. Perang Dunia I

Lebih dari 70 juta orang tentara terlibat dalam perang Dunia I dan 9 juta diantaranya gugur. Hal itu menjadikan perang ini menjadi salah satu perang terdahsyat sepanjang masa. Sangat mematikan dan memberi pengaruh luas bagi kehidupan umat manusia khusunya di Eropa.

Dimulai pada tanggal 28 Juli 1914 sampai 11 November 1918. Perang ini melibatkan semua kekuatan besar dunia, yaitu pihak Sekutu ( Britania Raya, Prancis dan Rusia) melawan Blok Sentral (Jerman, Austria-Hongaria, dan Italia).

Baca juga: 7 Hal Penting Dipersiapkan Jika Terjadi Peperangan

3. Perang Salib

Salah satu perang paling dahsyat yang terjadi di dunia karena terjadi dalam waktu yang lama, 391 tahun(1095-1210). Perang Salib adalah rangkaian perang agama yang mendapatkan restu dari Gereja Latin di abad pertengahan untuk merebut kembali Yerusalem dari kekuasaan Islam. Menimbulkan korban jiwa yang tidak terhitung banyaknya dan kerugian besar yang dialami oleh kedua belah pihak.

Baca juga: 7 Bencana Alam Terdahsya di Indonesia

4. Pemberontakan Taiping

Pemberontakan Taiping, salah satu dari daftar panjang perang dahsyat yang terjadi di China, terjadi dari tahun 1850 hingga 1864. Dipimpin oleh Hong Xiuquan ketua kelompok pemujaan yang dikenal sebagai God Worshiping Society melawan dinasti Qing. Perang saudara itu mengakibatkan setidaknya 20 juta orang tewas.

Baca juga: 7 Terjemah Al-Qur’an Best Sellers di Amazon

5. Ekspansi Mongol

Genghis Khan pemimpin besar Bangsa Mongol bersama pasukannya menyerbu berbagai negeri, mengobarkan peperangan, menjarah, memperkosa dan melakukan pembantaian. Setelah ia wafat, kekejiannya itu diteruskan oleh anak cucunya. Diperkirakan 60 juta orang menjadi korban.

6. Perang Persia-Romawi

Persia dan Romawi dua kekuatan adidaya dimasa kuno saling bermusuhan dan berperang dengan dahsyatnya selama 537 tahun lamanya. Kemenangan dan kekalahan silih berganti mereka dapatkan dan tentusaja kedua belah pihak banyak mengalami kerugian baik nyawa maupun harta yang tidak sedikit.

7. Peperangan Romawi Timur-Utsmaniyah

Kesultanan Utsamniyah Turki bermusuhan dan berperang dengan Romawi Timur atau Bijazantium selama 214 tahun lamanya (1265-1479). Perang itu dimenangkan oleh Kesultanan Utsmaniyah dengan runtuh dan dikuasainya wilayah Bizantium, kekuasaan Roma di Timur yang perkasa itu pun berakhir.

Itulah 7 perang terdahsyat sepanjang masa, dimana dampak buruk yang ditimbulkannya begitu luas.

Perang hanya membawa bencana, penderitaan dan kerugian bagi umat manusia. Semoga saja perang-perang dahsya seperti itu tidak lagi terjadi. Dan tercipta kedamaian di muka bumi ini. Aamiin.

Baca juga: 7 Tokoh Muslim Pelopor Penerjemah Al-Qur’an Bahasa Inggris


0 Komentar

Tinggalkan Balasan