7 Orang Terkaya di Dunia yang Paling Dermawan

Dipublikasikan oleh Muhammad Akram pada

orang-terkaya-yang-paling-dermawan

Kesenjangan antara orang kaya dan orang miskin semakin jauh melebar. Masyarakat miskin di negara-negara dunia ketiga atau di negara-negara yang sedang dilanda konflik tetap dalam keadaan miskin atau jauh lebih miskin dari masa sebelumnya, dibandingkan dengan masyarakat di negara-negara maju yang sejahtera atau dengan sekelompok kecli orang-orang yang terkaya di dunia.

Dalam keadaan seperti itu terdapat sedikit orang kaya tersebut yang mau menyumbangkan kekayaannya untuk kemanusiaan. Dilihat dari besarnya donasi yang mereka berikan, berikut ini 7 orang terkaya di dunia yang paling banya menyumbang sebagian dari kekayaannya:

1. Bill Gates

William Henry “Bill” Gates III adalah seorang tokoh bisnis, investor, penulis asal Amerika Serikat, serta mantan CEO yang saat ini menjabat sebagai pemipin Microsoft, perusahaan perangkat lunak yang ia dirikan bersama Paul Allen. Memiliki kekayaan US$ 90 miliar (2017)

Bill Gates, orang terkaya di planet bumi ternyata juga seorang yang paling dermawan, dilihat dari jumlah dana yang telah ia sumbangkan senilai US$ 27 miliar sepanjang hidupnya. Sebagian besar kegiatan amal Bill Gates dilakukan melalui Yayasan Bill dan Melinda Gates, yang menghabiskan banyak waktu dan uang untuk membantu anak-anak di seluruh dunia.

Baca juga: Biografi Utsman Bin Affan, Seorang Kaya Yang Baik Hati

2. Warren Buffett

Warren Edward Buffett adalah seorang investor dan pengusaha asal Amerika Serikat. Dia adalah investor tersukses di dunia. Buffett adalah komisaris, direktur utama, dan sekaligus pemegang saham terbesar di Berkshire Hathaway. Dia adalah orang terkaya ketiga di dunia tahun 2015 versi Forbes. Kekayaan bersih: US$ 88,3 milliar (November 2018).

Dari kekayaanya yang berlimpah itu ia telah menyumbang untuk amal sebesar US$ 21 miliar dolar.

3. George Soros

George Soros adalah seorang kapitalis radikal, pelaku bisnis keuangan dan ekonomi, penanam modal saham, dan aktivis politik yang berkebangsaan Amerika Serikat keturunan Yahudi. Kekayaan bersihnya sebesar US$ 8,3 miliar USD (2020).

Soros telah menyumbangkan lebih dari US$ 8 miliar untuk berbagai kegiatan sosial, termasuk perang melawan Apartheid. Open Society Foundation seperti kesehatan masyarakat, keadilan, dan kebebasan pers.

Baca juga: Ingin Sukses? Belajarlah dari Lima Orang Ini

4. Azim Premji

Azim Hashim Premji adalah seorang pengusaha dan investor yang berasal dari India. Ia adalah pemimpin perusahaan Wipro Limited, yang bergerak di bidang IT outsourcing, beberapa kliennya adalah Microsoft, Toshiba, ABB dan Philip Morris. Kekayaan bersihnya sebesar US$ 7,2 miliar USD (2020)

Ia juga dikenal karena kedermawanannya. Premji adalah orang India pertama yang menandatangani Ikrar Pemberian Warren Buffett, dan telah menyumbangkan US$ 8 miliar dari kekayaan pribadinya.

5. Charles F. Feeney

Charles Francis “Chuck” Feeney adalah seorang pengusaha dan dermawan Irlandia-Amerika dan pendiri The Atlantic Philanthropies, salah satu yayasan swasta terbesar di dunia. Dia membuat kekayaannya sebagai salah satu pendiri Grup Duty Free Shoppers, yang memelopori konsep belanja bebas pajak.

Dikenal sebagai ‘James Bond of Philanthropy’ atas sumbangannya yang tersembunyi, Charles Feeney menjadi terkenal karena tekadnya untuk menyerahkan seluruh kekayaannya. Sejauh ini, ia telah berhasil menyumbangkan US$ 8 miliar untuk badan amal di seluruh dunia.

Baca juga: Namanya Rose, Seorang Mahasiswi Berusia 78 Tahun

6. Carlos Slim

Carlos Slim Helú pemimpin utama dan CEO perusahaan telekomunikasi Teléfonos de México dan América Móvil. Pada tahun 2011, Slim dinobatkan oleh Forbes menjadi orang terkaya di dunia untuk kedua kali secara berturut-turut dengan kekayaan bersih berkisar US$74 miliar.

Berkat kerajaan bisnisnya yang besar di Meksiko, Carlos Slim menjadi salah satu dari tiga orang terkaya di dunia. Mogul bisnis Meksiko sejauh ini telah menyumbangkan US$ 8 miliar, sebagian besar melalui dua yayasan amal.

7. Sulaiman bin Abdulaziz Al Rajhi

Sulaiman bin Abdul Aziz Al Rajhi adalah seorang pebisnis dan milyarder Arab Saudi. Kekayaannya ditaksir mencapai $ 7.7 miliar pada tahun 2011 oleh majalah Forbes, menjadikannya orang terkaya ke-120 di dunia. Al Rajhi telah menyumbangkan hartanya sebesar $ 5,7 miliar.

Sekiranya orang-orang di dunia memiliki jiwa sosial yang tinggi seperti mereka, bisa jadi penderitaan yang dialami orang-orang miskin di dunia saat ini bisa teratasi.

Baca juga: 7 Kisah Pengusaha Sukses yang Benar-benar Menginspirasi


0 Komentar

Tinggalkan Balasan