7 Masjid Indah dan Terkenal di London Inggris

Dipublikasikan oleh Muhammad Akram pada

masjid-di-london

Saat ini di kota London terdapat puluhan masjid, sebagai tempat ibadah bagi sekitar 600.000 orang muslim yang hidup di London berdasarkan sensus di tahun 2011.

Tentu dengan banyaknya umat Islam di London, keberadaan sebuah masjid sangatlah di perlukan. Berikut ini 7 buah masjid yang cukup indah dan terkenal yang ada di kota London:

1. London Central Mosque

London Central Mosque juga di kenal sebagai Islam Culture Centre terletak di 146 Park Road, dekat regent’s park, London. Masjid ini bisa menampung jamaah sebanyak 5000. Ada sebuah toko buku dan kafe kecil di sekitar masjid.

Di bangun pada tahun 1978 rancangan Frederick Gibberd. Lahan dari masjid tersebut merupakan sumbangan dari Raja George VI tahun 1944 dengan imbalan sumbangan sebuah tanah di Kairo oleh Raja Mesir untuk membangun katedral Anglikan.

Baca juga: Belajar Sejarah dari 7 Bangunan Masjid di Spanyol

2. East London Mosque

East London Mosque terletak di 82-92 whitechapel road, London Timur. Merupakan salah satu masjid besar yang ada di London, ruangan salatnya bisa menampung lebih dari 7000 jemaah.

3. Fazl Mosque

Fazl Mosque dikenal juga sebagai London Mosque atau Masjid London, terletak di Southfields, Wandsworth. Merupakan salah satu masjid tertua di London yang dibangun oleh Jamaah Islam Ahmadiyah. Masjid ini mulai digunakan tahun 1926 yang bisa menampung sekitar 150 jamaah.

4. Brick Lane Jamme Mosque

Brick Lane Jamme Mosque terletak di 59 Brick Lane, London Timur. Masjid ini bisa menampung lebih dari 3000 orang termasuk wanita. Kebanyakan jemaahnya yang datang berasal dari keturunan Bangladesh, sehingga kotbah di sampaikan dengan Bahasa Bangli, Inggris dan Arab.

Baca juga: Ahli Shuffah: Dicintai Rasulullah, Meraih Sukses dan Kemuliaan Ruhani

5. Leytonstone Mosque

Masjid Leytonstone terletak di waltham forest dan bisa menampung jamaah sebanyak 1000 orang. Masjid ini merupakan bekas gereja yag dibeli umat Islam di sana dan mulai digunakan pada tahun 1976.

6. Ilford Islamic Centre

Masjid Ilford tidak hanya terkenal di London saja, melainkan sudah terkenal di seluruh Inggris. Juga di kenal dengan masjid E-Da’watul Islam dan terdaftar di badan amal Inggris.

Seperti untuk pernikahan, bantuan layanan pemakaman, pengembangan spiritual, dan lain lain. Di bentuk pada tahun 1978 dan sudah berkembang selama bertahun tahun. Alamat nya di 112 Balfour Road, Essex, London.

Baca juga: 7 Kisah Pengusaha Sukses yang Benar-benar Menginspirasi

7. Baitul Futuh Mosque

Baitul Futuh Mosque juga di kenal sebagai Masjid Morden, Lokasinya di 1231 London Road, Morden, London Borough of Merton, SM4 5PT UK. Merupakan masjid terbesar di Inggris dan terbesar di Eropa Barat yang dibanung oleh komunitas Ahmadiyah dan bisa menampung hingga 10.000 orang.

Di Indonesia sangat mudah untuk menjumpai masjid karena jumlahnya memang banyak, tetapi di negara-negara yang jumlah muslimnya minoritas, seperti di Inggris, pasti umat Islam di sana memiliki kesulitan tersendiri.   

Baca juga: 7 Orang Terkaya di Dunia yang Paling Dermawan


0 Komentar

Tinggalkan Balasan