7 Hal Penting Dipersiapkan Jika Terjadi Peperangan

Dipublikasikan oleh Muhammad Akram pada

Tidak ada orang waras yang menginginkan terjadi peperangan, tetapi jika itu terjadi maka kita harus mempersiapkan diri untuk menghadapinya.

Berikut 7 hal penting yang harus diperiapkan dalam menghadapi situasi darurat akibat peperangan:

1. Tempat Berlindung

Untuk mengantisipasi segala kemungkinan yang terjadi akibat peperangan, hal yang terpenting adalah keselamatan jiwa. Oleh karena itu harus berlindung atau menyelamatkan diri di tempat-tempat perlindungan seperti bungker bawah tanah atau gua-gua. Pada masa Perang Dunia II bangker merupakan salah satu tempat perlindungan yang lazim digunakan dan tempat-tempat seperti itu sampai saat ini masih ada.

2. Persediaan Makanan

Hal terpenting kedua adalah persediaan makanan. Belajar dari nenek moyang kita dimasa dahulu ketika terjadi peperangan, mereka biasa menyimpan atau membuat makanan-makanan yang bisa bertahan lama, seperti ikan asin, gaplek dan lain sebagainya. Tentusaja beras atau jagung harus cukup tersedia.

Baca juga: 7 Perang Terdahsyat Sepanjang Masa

3. Obat-obatan

Dalam keadaan perang atau dalam keadaan darurat persediaan obat-obatan merupakan hal yang sangat penting. Belajar dari pengalaman nenek moyang kita yang mampu bertahan dengan memanfaatkan tumbuhan alami sebagai bahan obat-obatan, pengetahuan tentang hal ini juga penting untuk diketahui.

Baca juga: 7 Bencana Alam Terdahsya di Indonesia

4. Alat Komunikasi dan Informasi

Dalam keadaan perang biasanya serba darurat, sementara kita perlu mengetahui keadaan saudara atau keluarga kita di tempat-tempat yang jauh juga mengenai informasi perkembangan yang terjadi, maka adanya alat-alat komunikasi dan informasi penting dimiliki.

Baca juga: 7 Terjemah Al-Qur’an Best Sellers di Amazon

5. Pakaian

Orang tua kita suka menceritakan apa yang terjadi di zaman penjajahan dimasa dahulu. Karena kondisi perang, tidak hanya makanan yang sulit didapatkan, pakaian juga tidak ada, sehigga orang-orang dimasa itu menggunakan karung goni untuk dijadikan penutup badan. Mengingat hal itu persediaan pakaian juga sangat penting.  

6. Masker

Di zaman kuno peperangan biasanya hanya menggunankan persenjataan-persenjataan konfensional yang tidak mengandung zat-zat berbahaya atau beracun. Sementara itu, jika saat ini terjadi perang atau perang gelobal yang melibatkan banyak negara-negara sehingga menjadi perang dunia III maka yang paling ditakutkan adalah terjadinya penggunaan senjata nuklir. Masker merupakan alat terpenting agar terhindar dari akibat yang ditimbulkan radiasi nuklir atau radio aktif yang sangat berbahaya itu.

Baca juga: 7 Tokoh Muslim Pelopor Penerjemah Al-Qur’an Bahasa Inggris

7. Identitas Diri

Indentitas diri diperlukan untuk pendataan-pendataan atau pemeriksaan oleh pihak aparat. Terkadang dalam keadaan panik hal ini kurang diperhatikan, sehingga ketika diperlukan dokumen-dokumen itu tidak tersedia.

Itulah 7 hal penting yang mesti dipersiapkan ketika menghadapi situasi darurat dalam peperangan, tentu saja hal itu tidak kita inginkan. Akan tetapi jika itu terjadi kita sudah siap untuk mengantisipasinya.

Keadaan ekonomi, politik masyarakat dunia yang tidak menentu dan konflik berkepanjangan di berbagai kawasan seperti apa yang terjadi di Timur Tengah, terlebih lagi persetruan antara Iran dan Amerika yang saat ini terjadi semakin menghawatirkan akan terjadinya perang besar atau Perang Dunia III.

Hal yang diinginkan oleh semua orang adalah perdamain, persaudaraan, dan persahabatan. Semoga peperangan yang mengerikan itu tidak terjadi.

Baca juga: 7 Aplikasi Al-Qur’an Terbaik di Android


0 Komentar

Tinggalkan Balasan