7 Agama Terbesar di Dunia

Dipublikasikan oleh Muhammad Akram pada

saad bin ubadah

Agama merupakan salah satu bagian terpenting dalam kehidupan umat manusia, seluruh peradaban umat manusia yang ada di dunia ini dipengaruhi oleh adanya agama yang diyakininya.

Karena dipengaruhi oleh berbagai hal, seperti adanya perbedaan tempat yang saling berjauhan, rentang masa yang panjang, adanya perbedaan adat kebiasaan dan faktor-faktor lainnya hal itu mungkin menjadi penyebab banyak dan beragamnya agama yang ada di dunia ini.

Berikut 7 agama terbesar dilihat dari bersarnya jumlam penganutnya itu yang dirangkum dari berbagai sumber:

Agama Terbesar Di Dunia

1. Kristen

Bukit Golgota lokasi penyaliban/republika.co.id

Kristen merupakan agama dengan jumlah penganutnya yang terbesar saat ini di dunia, diperkirakan sebanya 2,4 milyar atau 33% dari populasi dunia saat ini.  Akan tetapi menurut perkiraan terdapat penurunan jumlah penganut Kristen di negara-negara Barat, hal itu ditandai dengan kosongnya gereja-gereja karena ditinggalkan umatnya.

Baca juga: 7 Perang Terdahsyat Sepanjang Masa

2. Islam

Ka’bah/ Merdeka.com

Tidak salah lagi Islam merupakan agama terbesar kedua dengan jumlah pengikut sekitar 1,8 milyar atau 24,1% populasi dunia saat ini. Sayangnya jumlah sebesar itu tidak memiliki pengaruh yang signifikan dalam percaturan dunia, hingga saat ini umat Islam terpecah-pecah ke dalam berbagai macam kelompok, sekte atau aliran dan sebagian besar dalam keadaan miskin dan berpendidikan rendah.

Baca juga: 7 Hal Penting Dipersiapkan Jika Terjadi Peperangan

3. Hindu

dw.com

Hindu merupakan salah satu agam tertua di dunia dengan jumlah pengikut diperkirakan saat ini sebanyak 1,15 milyar atau 15% dari populasi dunia saat ini, sebagian besarnya terdapat di India, negara tempat lahirnya itu.

Baca juga: 7 Bencana Alam Terdahsya di Indonesia

4. Budha

pluralism.org

Dengan jumlah pengikut sebesar 521 juta atau 7%, Budha menjadi agama terbesar ketiga di dunia. Buddha berasal dari India bagian utara yang didirikan oleh Siddarta Gautama seorang pangeran. Ajaran, filsafat dan tata cara ibadahnya umumnya disampaikan secara lisan, dari mulut ke mulut, 500 tahun kemudian baru muncul dalam bentuk tulisan.

Baca juga: 7 Terjemah Al-Qur’an Best Sellers di Amazon

5. Sikh

Chola atau jubah Guru Nana/alislam.org

Jarang diketahui oleh orang, ternyata penganut Sikh berjumlah cukup besar, sekitar 30 juta atau 0,32% dari populasi dunia. Agam Sikh mayoritas terdapat di India utamanya di negara bagian Punjab sebagai tanah kelahirannya. Diduga kuat pendiri Sikh yaitu Baba Nanak adalah seorang muslim.

6. Yahudi

Tembok Ratapan di Israel/detik.com

Yahudi merupakan salah satu agama Abrahamik yang tertua di dunia, pengikutnya berjumlah 14 juta orang atau sekitar 0,20%. Selain sebagai agama, Yahudi juga merupakan satu identitas bagi bangsa Yaudi dan warga Israel pada umumnya yang tiada henti-hentinya melahirkan persoalan di dunia.

Baca juga: 7 Tokoh Muslim Pelopor Penerjemah Al-Qur’an Bahasa Inggris

7. Bahai

Bahaullah/wikipedia.com

Pengikutnya saat ini diperkirakan berjumlah 7 juta atau 0,10%,  agama ini  didirikan oleh Bahaullah seorang terpelajar dan ahli seni kaligrafi. Ia mempelajari Qur’an dan karya-karya puisi Persia klasik. Ajarannya banyak tersesebar di Iran tetapi kemudian ia dan para pengikutnya banyak mengalami persekusi oleh penguasa.

Selain tujuh agama besar di atas ada beberapa agama yang jumlah penganutnya lebih dari satu juta orang diantaranya Jainisme, Shinto, dan Joroaster. Selain dari itu masih banyak lagi agama-agama lokal atau tradisional yang tersebar luas di seluruh dunia, termasuk juga orang-orang yang tidak beragam yang jumlahnya besar.

Oleh karena itu agama yang jumlah pengikutnya besar seperti Kristen dan Islam bukan mayoritas jika dibandingkan dengan jumlah umat manusia di luara agama-agama itu.

7 Agama Terbesar Di Dunia by Angka & Data Channel

0 Komentar

Tinggalkan Balasan